Headline News

header-int

Bidang Promosi DPMPPTSP Kunjungi Penangkaran Penyu Ampiang Parak di Kec.Sutera

Senin, 15 Jul 2019, 09:40:17 WIB - 31 | Nissa Aqila,SE
Bidang Promosi DPMPPTSP Kunjungi Penangkaran Penyu Ampiang Parak di Kec.Sutera

PESISIR SELATAN - Kecamatan sutera kab.Pesisir Selatan memiliki destinasi wisata bahari  yaitu adanya penangkaran penyu yang sekaligus tempat wisata yang cukup nyaman, Penangkaran penyu ini berjarak 3 km dari Ibukota Kecamatan, Untuk mencapai tempat penangkaran penyu ini kita harus menaiki perahu dimana 1 orang dipungut biaya Rp.5000, dan sampailah kita di penangkaran penyu.

Penangkaran penyu yang dikelola oleh masyarakat dan bantuan dari pihak ke 3 demi kelancaran dan menjaga kelestarian penyu maka diperlukan penjagaan dan pembudidayaan penyu, disitu terdapat anak penyu yang siap di sebarkan kealutan, dan ada juga penyu yang sudah dewasa dan siap berkembang biak, ditemui ditempat penangkaran penyu Hardisman,SE pengelola penangkaran penyu beliau mengatakan kawasan penangkaran penyu ini di khususkan untuk penelitian, dan juga bisa dikunjungi oleh masyarakat luas, penyu ini semakin punah karena masyarakat sering mengambil telurnya. Maka untuk kami pemerhati lingkungan kelompok Laskar Pemuda Peduli Lingkungan ini mengambil inisiatif untuk pelestarian penyu ini.

Hardisman juga mengatakan penyu ini dimana dia bertelur disitulah dia menetap dan karena seringnya penyu bertelur dan diambil oleh masyarakat maka laskar pemuda ini mengambil dan membudidayakan dengan mengelola tempat penangkaran ini.

Ketika Bidang Promosi DPMPPTSP mengunjungi tempat tersebut pada Kamis (11/09/19) dan Kabid Promosi Ibuk Deny Suryati,SSTP menyatakan memang dibutuhkan penanganan yang lebih baik dan benar sehingga lebih banyaknya penyu tertampung dan kawasan ini sangat sejuk dan nyaman untuk tempat rekreasi bagi masyarakat, dan masih butuh uluran tangan investor untuk perkembangan.

Dan kasi promosi buk Nini Bustamar,SE mengatakan kami dari Bidang Promosi akan berusaha mempromosikan kawasan Ampiang Parak Konservasi Penyu. Ini baik dalam maupun luar negri, semoga ada investor yang berminat dan semoga konservasi penyu ini lebih baik kedepannya dan lebih berminat pengelolaan penyunya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube