Headline News

header-int

DPMPPTSP Ikuti Rapat Pemanfaatan Data Profil KKBPK

Rabu, 16 Okt 2019, 11:02:20 WIB - 91 | Nissa Aqila, S.E
DPMPPTSP Ikuti Rapat Pemanfaatan Data Profil KKBPK

PESISIR SELATAN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu mengikuti rapat Pemanfaatan Data Profil KKBPK yang di wakili oleh Kasi Data dan Informasi (Junerwin,SH,M.Si) pada Selasa (15/10/2019) bertempat di Ruang Rapat Setda Kabupaten Pesisir Selatan.

Rapat dimulai pada jam 09.30 Wib, dibuka oleh Kepala Dinas DPMDPP&KB Kabupaten Pesisir Selatan, Bapak.Hamdi,S.Pt.M.Si. Karena Bapak Setda Berhalangan. Dalam sambutan Kepala DPMDPP&KB mengatakan bahwa program kegiatan ini dari 19 Kabupaten / Kota di Sumatera Barat hanya 7 Kabupaten / Kota yang mendapat kegiatan ini termasuk Kabupaten Pesisir Selatan.

Penyaji pertama adalah DR.Teguh Widodo, seorang peneliti dari BKKBN Pusat dalam arahannya beliau mengatakan bahwa kegiatan Pemanfaatan Data Profil (Parameter dan Proyeksi) Program KKBPK adalah sebagai input kebijakan dan strategi Perencanaan Pembangunan Daerah, dan ini sangat penting bagi daerah dalam membuat Data Dasar.

Penyaji kedua dari Bapedalitbang Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Sosial Budaya sdr.Drs.Zuharpen, dalam materi yang diberikan lebih mengarah kepada Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pesisir Selatan saat ini dan Angka harapan Hidup masyarakat Pesisir Selatan dari tahun ketahun.

Sedangkan Penyaji terakhir yaitu dari Kepala Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan, dalam sajiannya lebih menitik beratkan tentang Sensus, mulai dari Sensus Penduduk yang dilaksanakan tiap 10 Tahun mulai dari tahun yang di belakangnya 0 seperti tahun 2010 kemaren dan tahun 2020 besok dan sampai sekarang telah 7 (tujuh) kali mengadakan sensus penduduk sejak merdeka, sensus Ekonomi tiap sepuluh tahun yang tahunnya akhirnya 3 dan sensus Pertanian tiap sepuluh tahun yang tahun akhirnya angka 6.

Maka dapat disimpulkan bahwa Kegiatan Pemanfaatan Data Profil sangat penting artinya bagi pemda untuk membuat kebijakan dan stategi Perencanaan Pembangunan Daerah dalam jangka panjang. Data tersebut sangat di perlukan bagi OPD/Instansi yang terkait terutama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial dan Perlindungan Anak dan Perempuan, Dinas Bappedalitbang serta Dinas Kesehatan,  sementara bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu bisa sebagai Data dasar atau sebagai acuan dalam penyusun Data Investasi dan sebaran potensi dan Peluang Investasi di Kabuapaten Pesisir Selatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU Follow Me : Facebook Youtube